Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Luas Ruang dan Rumah Ideal untuk Keluarga Indonesia

Desain Kota Baru Parahyangan sumber:rumah123


 Direktur Jenderal Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menjelaskan luas minimal ruang standar  adalah 7,2 m² per orang.  Hal ini diatur dalam buku “Metadata Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)” dan Peraturan Menteri Permukiman dan Kawasan (Kepmen Kimpraswil) Nomor 403/KPTS/M/2002 tentang Pedoman Teknis Konstruksi Sehat Sederhana. 

Rumah. Misalnya untuk membangun rumah untuk tiga orang, luas bangunannya minimal 21,6 m². Dengan perhitungan yang sama,  ukuran rumah yang ideal untuk lima orang adalah  minimal 36 m². Seperti dilansir Ciptakarya.pu.go.id kebutuhan ruang per orang dihitung berdasarkan aktivitas utama warga yang tinggal di sana. Kegiatan tersebut antara lain tidur atau istirahat, makan, bekerja, duduk, mandi, toileting, mencuci dan memasak, serta area pergerakan lainnya. 

 Peraturan tersebut juga menyebutkan bahwa kebutuhan ruang orang Indonesia biasanya sekitar 9 m² per orang. 

Oleh karena itu, luas bangunan yang dibutuhkan untuk membangun rumah untuk tiga orang minimal adalah 27 m². 

Sedangkan ukuran rumah ideal untuk lima orang adalah 45 m² atau  setara dengan rumah type 45. Berdasarkan perhitungan tersebut, sebidang tanah seluas 60-200 m² dapat tergolong dalam ukuran rumah  ideal bagi masyarakat Indonesia. 

 Berkat rumah sederhana idaman ini, penghuninya bisa hidup layak dan mengatur aktivitas sehari-hari. 

 Lalu, ada beberapa patokan yang memudahkan dalam menghitung ukuran rumah yang cocok untuk ditinggali. 

Desain Kota Baru Parahyangan sumber:rumah123


 Nilai acuan untuk mengukur ukuran rumah ideal  

 1.  Ideal untuk seluruh rumah di pedesaan 

Lahan yang ideal untuk sebuah rumah tidak harus luas, tetapi harus cukup untuk memenuhi seluruh bagian rumah. Bagian rumah ini dimulai dari halaman depan hingga halaman belakang rumah.  Misalnya  luas bangunan rumah adalah 123 m², dengan halaman depan  36 m² dan halaman belakang  18 m².  Dengan luas 177 m², terlihat jelas bahwa rumah tersebut sangat layak huni, bahkan tergolong rumah mewah modern yang bisa ditinggali banyak orang. 

  2. Ketinggian rumah ideal 

Mengingat Indonesia beriklim tropis, maka ketinggian rumah sebaiknya antara 2,8 hingga 3,5 meter.  Rumah sebesar ini sangat banyak dijumpai di Indonesia. 

 Sedangkan  tinggi dinding rumah yang ideal adalah 6×9 meter, agar atap dan alasnya terlihat  proporsional. Namun terkadang ketinggian struktur atap beberapa  rumah mencapai 5 meter, tujuannya agar  sirkulasi udara di dalam rumah tetap baik. 

 3. Sempurna untuk mendekorasi seluruh rumah 

  Interior  rumah atau bagian dalam rumah. Lalu berapa ukuran  ruang tamu, dapur, dan kamar tidur yang ideal? Mari kita ambil, misalnya, dimensi internal sebuah rumah yang ditinggali empat orang, yaitu. seorang pria dan seorang wanita dan dua  anak. Berdasarkan perhitungan tersebut,  ukuran ideal rumah dengan tiga kamar tidur adalah: 

  Kamar tidur: 

 Kamar tidur utama: 3 × 4 meter (12 m²) 

 Kamar tidur anak 1 : 3×3 meter (9 m²) 

 Kamar tidur anak 2 : 3×3 meter (9 m²) 

  Dapur: 3×3 meter (9 m²) 

 Ruang makan: 3 × 3 meter (9 m²) 

 Ruang keluarga: 3×5 meter (15 m²) 

 Ruang tamu: 3×3 meter (9 m²) 

 Kamar Mandi: 2,5 × 1,5 meter (3,75 m²) 

 Teras depan dan belakang: 12 m² 

 

 Berdasarkan perhitungan kasar di atas, dapat disimpulkan bahwa luas bangunan adalah 75,75 m² atau setara dengan tipe 70. Apartemen ini termasuk dalam ukuran rumah dua lantai yang ideal untuk keluarga kecil beranggotakan empat orang. Lalu berapa ukuran ideal untuk rumah dengan dua kamar tidur atau ukuran ideal untuk rumah dengan empat  kamar tidur? Berdasarkan perhitungan kasar  di atas, ukuran ideal untuk rumah dengan dua kamar tidur adalah 66,75 m², sedangkan untuk rumah dengan empat kamar tidur adalah 84,75 m².  

 Sebelumnya Anda sudah membaca penjelasan mengenai ukuran rumah ideal mulai dari panjang, lebar, dan tinggi. Namun ada hal penting lainnya yang perlu Anda ketahui, yakni kriteria rumah yang ideal dan nyaman untuk ditinggali. Secara umum, ada tujuh kriteria penamaan rumah yang sempurna, yaitu:  

  •  Desain yang efektif 
  •  Sirkulasi udara  yang baik di rumah 
  •  Air, limbah dan lingkungan yang bersih 
  •  Pencahayaan yang terorganisir dengan baik 
  •  Perencanaan tata ruang yang tepat 
  •  Bagian luar rumah  ditumbuhi  tanaman hijau 
  •  Kebersihan rumah selalu dijaga. 

 Kini Anda sudah tahu berapa ukuran rumah ideal dan kriteria yang perlu diperhatikan jika Anda menginginkan hunian yang nyaman untuk keluarga Anda.

Sumber:

  • rumah123.com
  • pu.go.id

Posting Komentar untuk "Luas Ruang dan Rumah Ideal untuk Keluarga Indonesia"